Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang Versi Backpacker Kere

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Yasaka Temple


Halo masbro dan mbabro backpacker  ☺ Alhamdulillah akhirnya tangan ini tergerak lagi untuk nulis sejak sekian lama hilang dari peradaban hihi. Kali ini gue mau sedikit sharing pengalaman backpacker gue waktu lalu ke negeri sakura. Yap, Jepaaaaaang!!! yang sebelumnya gue sempet bahas mengenai apa dan siapa sih backpacker itu? Wetttttt... tapi sabar dulu sob, soalnya pada kesempatan kali ini gue mau bahas dulu nih mengenai apa saja sih yang harus dipersiapkan dan kenapa sih gue bahkan kalian harus menjatuhkan pilihan sama negara yang satu ini? lalu apa sih yang lo cari kalo ke Jepang? baiklah, mari kita bahas !!!

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Arashiyama Bamboo Forest

Kenapa sih harus Jepang? karena Jepang merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dunia, tidak terkecuali dengan wisatawan Indonesia. kalian juga sudah pasti tau kan apa saja sih yang mendunia dari Jepang? yap, mulai dari tempat destinasi wisata yang kaya akan culture budayanya, makanan-makanan khasnya, teknologinya, olahraganya, dan sudah pasti anime-animenya. Nah, termasuk juga bahasanya yang lumayan menantang untuk dikuasai. Kalo kalian ingin bepergian atau melakukan traveling dan backpacker ke negeri sakura ini, pastinya penting sekali untuk kalian bisa menguasai bahasa Jepang meskipun hanya pada level dasar saja. Tentu saja penguasaan bahasa Jepang yang baik akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan native speaker yang bisa kita temui saat berada di sana.  

Selain kita sudah mengetahui passion apa yang mengaharuskan dan membawa kita untuk ke Jepang, kita juga perlu tahu apa-apa saja sih yang harus dipersiapkan ?



1. Menentukan jadwal keberangkatan (jangan cuma wacana aja!)

Buat kalian yang sudah mengimpikan liburan ke Jepang, bahkan sudah membayangkannya *wkwwk lebay* saya sarankan kalian harus nekat dan tegas, maksudnya gimana? iya, kalian harus bener-bener nekat untuk meng-fix-kan kapan kalian mau kesana, mulai dari tanggal berapanya, bulan apanya, dan tahun kapannya. Menurut gue dengan paradigma seperti itu bisa mengacu niat dan tujuan lo itu menjadi lebih tegas, akurat, realistis, dan istiqamah. Yaa coba aja lo bayangin, lo udah punya impian kesana tapi lo-nya aja sama sekali ga merencanakannya, terus kapan bisa terlaksana dong? hihi☺ Eiits, tapi jangan asal atur jadwalnya saja ya, karena kita juga perlu tau musim apa sih kira-kira ketika nanti kita berada di sana, yaaa biar ga kaget aja guys hihi minimal kita sudah tahu terlebih dahulu.
Setelah sudah tau kapan kira-kira untuk jadwal keberangkatannya, terus baru deh kita hunting tiket pesawat (pesanlah tiket pesawat dari jauh-jauh hari). Alhamdulillah waktu itu saya dapat tiket yang tergolong tidak terlalu mahal ☺


Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
E-Ticket




2. Menyiapkan Dokumen Paspor/E-Passport

Baik guys, sebelum kita membuat paspor, ada 2 jenis paspor nih guys, paspor biasa dan paspor elektronik/e-passport. Demi mendapatkan Free Visa Jepang, saya memilih e-passport. Walaupun tidak bisa mendaftar secara online, tapi tidak sulit kok untuk mengurus e-passport sendiri. Saya mengurusnya di Kantor Jakarta Selatan.

Pagi itu sekitar pukul 04.30 WIB, saya sudah nangkring di Kantor Imigrasi Jaksel demi mendapatkan antrean yang paling depan (ya walaupun kenyataannya ga sesuai ekspetasi), daaan ternyata antrean baru dibuka pukul 06.00 WIB. Setelah itu saya mengikuti baris antrean, dibagikan map untuk memasukkan dokumen, terus saja mengikuti alur yang sudah diatur sampai  yang sudah diatur oleh petugas. Dokumen yang dibutuhkan :

- KTP
- Kartu Keluarga terbaru yang terdapat nama kita
- Akte lahir / akte nikah / ijazah sekolah (pilih salah satu saja)
- Paspor lama (kalau ada)


Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

Semua dokumen asli dibawa dan difotokopi di kertas berukuran A4, lalu dimasukkan ke dalam map yang dibagikan oleh petugas. Setelah pemeriksaan dokumen, antre lagi untuk foto dan sidik jari. Bila semua lengkap dan tidak ada kendala, akan diberikan pengantar untuk membayar biayanya (Rp 655.000) di Bank.

Bukti bayar harus disimpan dan harus dibawa saat pengambilan paspor. Passport dapat diambil (bisa diwakilkan) 7 hari kerja berikutnya terhitung dari tanggal membayar biaya.



3. Registrasi Free Visa 

Jreng... jreng... jreng finally akhirnya terbit juga e-passport akuuuh setelah berhari-hari menunggu *padahal cuma nunggu seminggu hahaha*. Nah, setelah kita sudah memiliki e-passport, saya langsung mengajukan Free Visa Jepang di Kedutaan Besar Jepang di Jl. MH Thamrin No. 24, Menteng, Jakarta Pusat. Perlu diingat nih, jam kerja pelayanan pengajuan Visa adalah pukul 08.30 pagi sampai 15.00 sore. Seperti biasa, datanglah lebih awal, biar apa ? you know kan hihihi

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Kantor Kedutaan Besar Jepang

Ternyata nih guys, proses pengurusannya tuh mudah alias simple banget ! cuma ikuti saja alur dari petugas, periksal lagi form visa waiver yang sudah kita buat sebelumnya, duduk manis sampe prosesnya selesai, tapi jangan lupa juga ya untuk membawa kartu identitas karena diperlukan saat kita memasuki area kedutaan (visitor).

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
E-Passport / Paspor Elektronik

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Bukti Tanda Terina Pengambilan Registrasi Visa Jepang

Eiiiitsss... yang paling penting jangan sampe kelupaan ya e-passport wajib dibawa, yang akan diserahkan dengan formulir pengajuan form visa waiver. Tidak banyak yang harus diisi kok di formulir tersebut. Setelah semua beres, lalu akan diberikan tanda terima yang harus dibawa kembali saat pengambilan paspor yang sudah ditempel dengan stiker Free Visa Jepang keesokan harinya. Semuanya tidak dipungut biaya alias gratissss !!! 

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Visa Waiver Registration

Gimana, kira-kira sudah paham kan? kalo masih belum paham, silahkan klik disini untuk info lebih detail ☺.



4. Membuat Itinerary atau Rundown

Oke, beberapa persiapan awal sudah completed (Tiket pesawat dan dokumen paspor-visa), sekarang saatnya kalian mulai nyicil membuat dan menentukan itinerary//rundown, kenapa gue bilang nyicil? karena gue yakin banget kalian pasti bingung milih tempat destinasi wisata kemana aja ketika berada di sana, nah maka dari itu kalian mulai deh sedikit cari-cari referensi seputar tempat wisata di Jepang. 

Ga cuma sampe di situ aja, tujuan dari dibuatnya itinerary ini supaya membuat liburan dan perjalanan kamu menjadi lebih ter-manage alias jadi lebih teratur hihi ☺ Yap, teraturnya mulai dari sisi perjalanan-perjalanan yang akan kalian lakukan, tempat wisata mana saja yang kalian ingin kunjungi, tempat-tempat makan dan jajanan mana saja yang ingin kalian cicipi, lalu mengenai pembagian waktunya, dan bisa dibilang semuanya sudah ter-mapping dengan baik. 

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Itinerary

Sebenarnya, opsi seperti ini tidak begitu diharuskan ya guys, misalnya kaya gue waktu lalu itu sama sekali ga membuat itinerary ! gokil kan hahaha jadi pas gue udah berada di sana, iya sih lumayan sedikit agak bingung, tapi gue ga sampe bingung banget kok guys, karena kalo lo udah berada di Jepang, apapun yang lo lakukan itu akan berasa seru haha. Jadi, ikutin aja kemana angin pergi ☺ Itulah guys perbedaan antara traveler dan backpacker hehhe.



5. Menentukan Tempat Penginapan (Hotel)

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Tanaka Gokurakudo Guest House

Sebenarnya dalam memilih penginapan/hotel ketika kamu berada disana tidak begitu sesulit yang kita bayangkan sebelumnya *kaya yang gue rasain juga sih hihi*, misalnya kita bingung di daerah mana sih kan gue ga tau? mahal ga ya? kira-kira aman dan nyaman ga ya? Gue tekenin ke kalian untuk hilangkan perasaan-perasaan kekhawatiran itu dari pikiran kalian! Jepang tuh kerennn sob! semua yang ada di sana dijamin ga mengecewakan. Pada saat di sana gue ga mau begitu ambil pusing untuk memilih penginapan sob, karena prinsip gue yang penting bisa tidur haha karena kan hampir seluruh waktu kita berada di luar alias jalan-jalan. Makanya gue pilih hostel ketimbang hotel pada umumnya, karena alasan budget juga sih hihi, dan gue memilih Tanaka Gokurakudo Guest House. Hostel ini tergolong murah guys, cuma Rp.350.000/Person/Night dan kebersihannya ga usah ditanya deh.

Kalian bingung mengenai lokasi dan daerah di sana? jangan khawatir, hampir semua titik-titik lokasi di sana sudah terintegrasi dengan transportasi publik (Bus dan kereta), jadi semuanya sudah dibuat simple dan praktis guys.

Mahal atau murah ya? Yap, mahal atau murahnya tergantung kalian memilih jenis dan tipe hotelnya. Biasanya hotel yang berada di titik sentral kota dapat tergolong high price dibandingkan dengan hotel yang berada agak sedikit jauh dari titik kota, tapi ga usah cemas guys, seperti yang gue bilang tadi, Jepang tuh keren sob! hahaha. Lalu mahal atau murahnya sudah pasti yah dilihat dari jumlah bintang si hotel tersebut hihi ☺ Jadi, pilihlah yang sesuai dan pas dengan dompet kalian.

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Tanaka Gokurakudo Guest House

Masih bertanya-tanya penginapan/hotel di Jepang aman dan nyaman ga? seperti yang gue bilang tadi guys, Jepang tuh keren sob! hahaha. Kenapa? orang Jepang itu sudah membudayakan hidupnya pada ketertiban, kebersihan, kepedulian, dan keharmonisan antar sesama *keren ga kata-kata gue?*. Ga percaya? Monggo silahkan dicoba hihi ☺ .

Jadi, intinya kalian pilihlah hotel yang sesuai dengan dompet kalian, memilih lokasi hotel yang strategis atau tidak itu bukan persoalan kok, karena kan semuanya kembali lagi ke itinerary kalian mau kemananya.



6. Menggunakan Kendaraan Apa Nanti ?

Pada awalnya gue sempet ragu guys kalo gue sudah berada di sana, terus untuk melakukan berpergian ke tempat-tempat wisata menggunakan kendaraan apa? malah gue sempet bertanya-tanya, "Di sana ada tempat penyewaan motor ga sih? bisa sewa motor aja ga sih biar lebih simple?" hahha hapus jauh-jauh hasrat seperti itu ya. ini Jepang sob, bukan Bali ! hahaha.

Pokoknya selama kalian di sana, kalian bener-bener akan merasa beda dari sebelumnya. Maksudnya? yap, kalian akan menggunakan transportasi publik jika ingin melakukan bepergian, seperti kereta atau bus. Bisa juga sih menggunakan taksi, tapi jangan salah sob, taksi di sana tidak semurah taksi di Indonesia hihi bisa bangkrut nanti.

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Kereta Jalur Toyoku Lines

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Stasiun Shibuya

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Mesin Pembelian E-Ticket Kereta

Jadi, siap-siap saja guys kalian akan sering-sering membeli tiket kereta atau bus tiap ingin melakukan bepergian. Gimana? kedengarannya agak males yah? eiittsss... dicoba dulu sob, nanti dijamin kalian bakal ketagihan banget, karena transportasi publik di Jepang tidak seperti di sini hihi, di sana semuanya serba bersih, aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Jadi, dijamin kalian akan merasakan sensasinya.



7. Menyiapkan Barang Bawaan

Sebelum kita menyiapkan dan memilih barang bawaan apa saja yang akan dibawa, seperti pakaian, kamera, dan perlengkapan pribadi, setidaknya kita sudah harus mengetahui mengenai musim dan cuaca apa yang sedang berlangsung di sana. Apakah sedang berlangsung musim panas, dingin, atau normal-normal saja? Alasannya cuma satu guys, supaya kita ga SALAH KOSTUM hihihi☺. Dari situlah kita bisa menilai barang-barang apa saja yang kiranya cocok dan pas untuk dibawa dan digunakan ketika berada di sana.

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Packing

Saran dari gue, pilihlah kostum atau pakaian yang se-kece mungkin versi kalian ! haha, karena ketika kalian berada di sana, kalian akan melihat perilaku style yang super keceeee abiiieeeess. Jadi, gue saranin jangan sampe style kalian tenggelam oleh ke-keceannya mereka.



8. Siapkan Uang Yen (¥) Sebanyak Mungkin

Persiapan Backpacker Murah Ke Jepang
Yen (¥)

Di Jepang, mata uang rupiah tidak berlaku untuk transaksi pembelian apapun, kecuali kalian harus menukarkannya terlebih dahulu menjadi bentuk Yen (¥) di money changer yang berada di Jepang maupun yang berada di Indonesia. Perihal soal budgetting, sebenarnya relatif, tergantung dan kembali lagi ke kebutuhan kalian ketika berada di sana ya guys, jadi kalo saran dari gue lebih baik cari aman aja, yaa minimal budget yang kalian akan bawa itu agak dilebihkan sedikit dari budgetting itinerary yang sudah kalian buat, untuk meng-cover apabila muncul biaya-biaya yang tidak terduga hihi ☺




Ane rasa sebenernya masih ada banyak lagi hal-hal materil dan immateril lain yang harus disiapkan sebelum ke Jepang sob, tapi menurut gue persiapan-persiapan yang ditulis di atas sudah memenuhi dan mencangkup dari persiapan-persiapan yang lainnya yang bersifat pokok.

Jadi, kalian lebih pilih mana nih sob? menyiapkannya atau jalani saja? semuanya sama-sama menarik menurut saya, yang penting kalian happy dan enjoy saja menjalaninya !

Salam Backpacker Kere !!! ☺







Share this:

ABOUT THE AUTHOR

"Terima kasih sudah mampir dan membacanya, semoga bermanfaat, tertarik, dan dapat meninggalkan pesan ataupun pertanyaan pada kolom komentar."

0 komentar:

Post a Comment