Apa dan siapa sih Backpacker itu?

Apa sih backpacker itu guys ? 


Backpacker adalah derivat kata backpack. Akar katanya back dan pack. Back, yang di-Indonesia-kan "belakang", berasal dari kata Inggris kuno baec. Consice Oxford Dictionary menyebut baec datang dari bahasa Jerman. Pack juga pinjaman bahasa Jerman; kata bendanya pak, kata kerjanya pakken. Penutur bahasa Jawa punya kata "pak" (mis: sepuluh pak [sepuluh bungkus] ‘Jarum Filter’) dan bahasa Indonesia memiliki kata ‘paket’ (dari package) yang kira-kira semakna.



*Menurut Santosa/Sangata-Kalimantan* Sebagai kata benda "backpack" diberi padanan "rucksack", di Indonesia-kan ransel. Ingat nggak, dulu setiap tentara mendapat jatah pembagian ransel dan bursak. Meski bisa dijinjing atau digendong, lantaran muatannya yang lebih besar bursak lebih sering digendong. Sebagai kata kerja "backpack" diartikan travel atau hike carrying one’s belonging in a rucksack; bepergian atau jalan kaki dengan membawa ransel. Memang arti "backpack" telah meluas, mungkin istilahnya ameliorative atau jadi melebar tergantung dari sudut mana. Kalau mau zakelijk, kalau mau per takrif (definisi), yang lebih pas mestinya "jalan kaki menggendong ransel". Ransel baru digendong bila si yang punya jalan kaki. Kalau bepergian dengan bis, ransel akan disimpan di bagasi.

Menurut pandangan dan pemahaman saya, backpacker itu bisa dibilang gambaran, perilaku, kegiatan, sekaligus inisial buat para pelaku traveling maupun hiker atau pendaki. Jadi, backpacker ini bisa kita simpulkan sebagai istilah "orang yang suka traveling dan hiking dengan kondisi yang seefesien mungkin, mulai dari perencanaannya, persoalan budgeting, dan ketika orang tersebut sedang menjalani perjalanannya. Ada beberapa hal yang membedakan seorang backpacker dengan seseorang yang melakukan traveling/hiking pada umumnya, misalnya; seorang backpacker sudah terbentuk secara alamiah *wkwk lebay* maupun terlatih dalam hal mental ngebolangnya dibandingkan dengan seorang pejalan/pendaki biasa, kenapa gue bilang begitu? karena gue sendiri paham dan ngerasain banget cuy bagaimana rasanya melakukan perjalanan yang belum terencana sebelumnya dengan dibatasinya budget hahaha rasanya tuh kaya lagi uji nyali, rada serem dan tegang tapi ga ada setannya hahaha. Berbeda dengan seorang pejalan biasanya, mereka sudah pasti, pasti, dan pasti *banyakan* me-manage rencananya sebelum-sebelumnya dengan matang dan konkret, nah dari situlah yang membedakan identitas dari kedua makhluk pejalan ini hihihi ☺

Jadi, kalian berada di posisi yang mana nih? but, don't worry, vacation must go on haha. Salam Backpacker !



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

"Terima kasih sudah mampir dan membacanya, semoga bermanfaat, tertarik, dan dapat meninggalkan pesan ataupun pertanyaan pada kolom komentar."

0 komentar:

Post a Comment